Thursday, May 5, 2011

Keterkaitan anatar Kapitalisme, Politik dan Kemajuan Teknologi

Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi di mana pemilik modal yang kuat (Capital) dapat berkuasa dalam perekonomian, karena kapitalisme pada dasarnya berazaskan hak milik pribadi serta perluasan dari paham kebebasan (liberalisme). menurut Karl Marx ketika sesorang mulai memagari tanah miliknya dan memisahkan harta pribadi, kapitalisme sudah dimuali.

Sejak zaman dulu kapitalisme dengan politik memang tidak bisa dipisahkan. Contohnya saja setiap raja/ratu yang memimpin sebuah negara pasti memiliki modal atau harta yang berilmpah agar dapat berkuasa di negaranya tersebut. 

Menurut Dr. Firmanzah kepentingan-kepetingan politik zaman sekarang selalu bersinggungan dengan kapitalisme. misalnya kampanye-kampanye yang dilakukan oleh partai politik pasti membutuhkan biaya yang cukup besar oleh karena itu hanya orang-orang yang memiliki modal-lah yang bisa mencalonkan diri sebagai calon legislatif. 

Mantan presiden republik Indonesia, Jusuf Kalla pernah berani berkata bahwa pengusaha sangat dibutuhkan  dalam jabatan kepemimpinan negara  karena pemerintah membutuhkan intelektual dan biaya.  oleh karena itu peran para kapital menjadi semakin kental.

Era kapitalisme pun melahirkan persaingan-persaingan yang kuat  antar pengusaha sehingga para pengusaha  tersebut selalu berusaha untuk membuat inovasi-inovasi baru yang berpengaruh terhadap perkembangan teknologi & informasi. Semakin canggih teknologi yang dibuat semakin besar peluang untuk memenagkan persaingan.

Oleh And1

No comments:

Post a Comment