Thursday, April 21, 2011

Robin Hood, Pencuri yang Baik Hati


 Tahun 1991, film Robin Hood: Prince of Thieves yang dibintangi Kevin Costner menjadi film box office besar dengan pendapatan hampir US$ 400.000.000 diseluruh dunia dan Amerika. Rekor penjualannya tahun itu dikalahkan oleh Terminator 2. film ini bercerita tentang Robin Hood yang hidup dalam zaman kegelapan (Dark Age) Inggris. Dia adalah seorang anak bangsawan tang ayahnya dibunuh Sheriff kota Nottingham yang kejam.


Masa itu, Inggris sangat terbelakang dan kumuh. Cuacanya yang dingin dan sering mendung membuat jalan selalu becek dan berlumpur. Disana juga tinggal seorang uskup yang suka mengumpulkan barang-barang mewah, terutama perhisan-perhisan dari emas permata. Robin Hood senang merampok harta para bagsawan kaya untuk diberikan pada penduduk desa yang miskin dan ditindas oleh sang Sheriff. Dia ditemani seorang muslim bernama Azeem, yang diperankan aktor besar Amerika Morgan Freeman.

Azeem diperlihatkan memiliki beberapa keunggulan, Misalnya dia memiliki benda terepong optik yang bisa digunakan untuk melihat kejauhan, yang membuat Robin Hood tercengang dan keheranan. Azeem juga menyelamatkan nyawa istri sahabat Robin Hood saat melahirkan, menunjukan sekilas kemajuaan ilmu kedokteran Islam yang unggul.  Sang Sheriff juga sempat menunjukan pedang istimewa kebanggannya yang terbuat dari baja khusus Toledo,  kota yang sempat dikuasai muslim selama beberapa abad di Andalusia, Spanyol. Kota itu bersama Bagdad adalah salah satu pusat sains dunia dan kemajuannya dalam ilmu metalurgi membuatnya mampu menciptakan baja khusus yang paling kuat dan bermutu tinggi. Salah satu produk unggulannya adalah pedang.

Robin Hood, Azeem dan seluruh penduduk desa akhirnya harus berperang habis-habisaan degan sang Sheriff dan tentara-tentaranya. Bagaimana mereka bisa menang? Film "Robin Hood: Prince of Thieves" juga mempunyai sountrack yang sangat terkenal, yaitu lagu dari Bryan Adams, Everything I Do,I Do It For You.

No comments:

Post a Comment